Windi Ariska

Windi Ariska mahasiswi yang rajin menulis

Transaksi Online Payment Gateway

f:id:windiariska:20181218165422j:plain

payment gateway

Payment Gateway Pada zaman dahulu untuk melakukan transaksi jual beli yang bertatap muka masihkan sangat biasa dan umum dilakukan. Mamun di era sekarang ini, internet dan media sosial sudah merambah hingga pelosok pelosok desa. Mulai anak kecil, remaja, orang dewasa, bahkan mereka yang sudah berusia lanjut dan apapun latar belakang pekerjaannya, pedagang, pengusaha, bahkan petani sudah familiar dengan yang namanya internet dan media sosial.

Dari sisinya sistem jual beli online sebagai terobosan baru. Perkembangan toko online yang sudah menjamur di mana-mana nampaknya membuat kita dianggap kuno saat harus melakukan jual beli langsung. Sekarang jual beli apapun mulai dari pakaian, barang elektronik, bahkan makanan mudah banyak dilakukan secara online.

Dengan adanya jual beli online kita tidak perlu di repotkan untuk pergi jauh, kepanasan, kehujanan, atau terkena polusi. Tinggal duduk atau tiduran di rumah kita sudah bisa memilih dan membeli segala macam barang yang kita butuhkan.

Dengan fenomena semacam ini maka sistem ini hadir untuk memudahkan kita dalam melakukan proses pembayaran. Eits, sebelumnya udah pada kenal apa belum  dengan yang namanya Payment Gateway ? Sepertinya istilah ini masih begitu asing ya di telinga kita? Sekarang coba simak baik baik artikel ini ya. Kita kenalan dulu dengan dia, karena tak kenal maka tak sayang.

Dalam sebuah metode pembayaran ini sudah rancang dengan sistem yang kursus untuk mempermudah kita dalam melakukan transaksi online. Sistem ini digunakan untuk melakukan proses pembayaran dari pembeli ke pedagang.

Sebagai contohnya adalah, ketika kita  sedang membeli sebuah baju di salah satu toko online, lalu kita mentransfer uang kepada pelapak, maka proses transfer inilah yang disebut dengan Payment Gateway. Ternyata tanpa kita sadari selama ini kita sudah sering menjalankan sistem ini yah, tapi kita belum tahu nama dari sistem tersebut.

Sekarang sudah paham kan ya dan udah nggak kuno lagi setelah baca artikel ini. Semoga bermanfaat