Windi Ariska

Windi Ariska mahasiswi yang rajin menulis

Crystal Of Knowledge In University College Indonesia

f:id:windiariska:20161130181424p:plain

Urgensi keberadaan Perpustakaan di sebuah universitas memang tidak bisa digangu gugat, sejak abad sebelum Masehi hingga sekarang keberadaan perpustakaan menjadi menjadi tonggak penting lahirnya para ilmuan dan tokoh-tokoh dunia. Betapa pentingnya bahkan hampir sebagian besar para tokoh dunia memiliki perpustakaan pribadi yang koleksinya hampir menyamai perpustakaan universitas.

Pun begitu dengan University college Indonesia perpustakaan adalah elemen penting yang harus ada di setiap perguruan tinggi. Saat ini perpustakaan perguruan tinggi terbesar di Indonesia ada di Universitas Indonesia, tidak hanya gedungnya yang super besar, beragam fasilitas dan kemewahannya pun dikenal hingga negara-negara di Asia. Ini merupakan suatu kebangkitan bagi dunia perpustakaan di Indonesia yang dikatakan tingkat minat bacanya sangat rendah, diharapkan dengan adanya perpustakaan seperti ini masyarakat Indonesia mejadi lebih tertarik berkunjung ke perpustakaan.

Perpustakaan Universitas Indonesia terletak di Gedung Crystal of Knowledge Kampus UI Depok, Jawa Barat, melayani pemustaka dari jam 08.00 hingga jam enam sore. Melalui testimoni yang ditulis oleh para pemustaka yang ditulis di media internet dapat disimpulkan bahwa perpustakaan UI mampu memuaskan para pemustaka karena memiliki koleksi yang lengkap baik buku cetak, maupun elektronik, juga menjadi salah satu ruang publik favorit mahasiswa UI karena memiliki desain interior dan eksterior yang nyaman.

Perpustakaan besar ini memiliki koleksi buku mencapai 1.500.000, belum lagi jika jumlah tersebut ditambahkan dengan arsip dan dokumen lainnya maka perpustakaan tersebut dapat dikatakan perpustakaan terbesar di Asia. Koleksi yang banyak ini juga menjadi penunjang belajar dan mengajar bagi seluruh civitas akademika UI sehingga tidak mengherankan jika setiap cabang ilmu pengetahuan pasti ada pakar yang merupakan lulusan UI.

Perpustakaan UI juga tidak hanya memiliki jumlah koleksi buku yang super besar, perpustakaan pusat UI juga memiliki berbagai fasilitas yang sangat menunjang kebutuhan pemustaka, mulai dari foodcourt, toko buku, tempat diskusi dangan layar infocus yang besar, tempat berbagai film dengan layar besar, gymnasium, hingga toko buku, hal itu dibangun karena sumber informasi tidak hanya di dapat dari buku dan kenyamanan pengguna juga tidak hanya didapatkan dari koleksi buku. Perpustakaan dari salah satu University college Indonesia terbaik ini dibangun dengan gedung 8 tingkat.