Windi Ariska

Windi Ariska mahasiswi yang rajin menulis

Cara Kerja Sistem Panel ATS

Listrik merupakan kebutuhan untuk anda yang menggunakannya. memang dampak dari tidak adanya aliran atau energi listrik, akan membuat tidak ada aktifitas manusia di dunia tanpa adanya listrik. karena di era serba canggih seperti sekarang ini.f:id:windiariska:20160428121817j:plainSegala sesuatu yang berhubungan dunia elektronik, teknologi, informasi dankomunikasi selalu membutuhkan arus energi dari listrik. namun sebelum kita membayangkan ke sana, terlebih dahaulu kita akan membahas cara kerja panel ATS. Panel Listrik Gedung eagatek yang memberikan kemudahan dan keamanan urusan listrik anda.
PANEL ATS atau AMF RELAY
Sistem kerja panel ATS dan AMF yang sering kita temukan adalah perpaduan untuk pertukaran sumber, baik dari generator ke PLN maupun sebaliknya, jika suatu saat sumber listrik dari PLN tiba-tiba padam, maka AMF bertugas untuk menjalankan diesel atau genset itu sendiri, baik proteksi terhadap unit mesin yang berupa pengamanan terhadap gangguan rendahnya tekanan minyak pelumas maupun kondisi temperatur mesin serta media pendinginannya, baik berupa pengamanan terhadap beban pemakaian yang berlebih maupun perlindungan terhadap karakteristrik lain seperti tegangan maupun frekuensi genset, apabila parameter yang diamankan melebihi batasan normal atau setting maka tugas ATS adalah melepas hubungan arus listrik ke beban sedangkan AMF bertugas untuk memberhentikan kerja dari mesin.
Apabila generator yang dijalankan beroperasi dengan baik, berikutnya ATS bertugas memindahkan sambungan dari sebelumnya yang tersambung dengan PLN dan akan dipindahkan secara otomatis ke sisi generator sehingga aliran listrik bisa tersambung ke sisi pengguna.
Dan apabila kemudian PLN kembali nyala, selanjutnya ATS bertugas untuk mengembalikan jalurnya dengan memindahkan switch kembali ke sisi utama dan untuk kemudian disusul dengan tugas AMF untuk memberhentikan kerja mesin diesel tersebut, demikian seterusnya semua sistim kontrol dikendalikan secara otomatis berjalan dengan sendirinya.
Pemakaian sistem seperti ini memang memiliki keuntungan Sistim perpindahan dari PLN ke genset dan sebaliknya hanya perlu waktu yang sangat singkat, hanya dengan hitungan detik saja setelah pln padam, genset langsung start dan listrik segera dapat di 'nikmati' kembali oleh pengguna.
Miliki segera Panel listrik untuk gedung anda, hanya dari Egatek.