Windi Ariska

Windi Ariska mahasiswi yang rajin menulis

Cara Mengetahui Tumbuh Kembang Anak Usia 0-5 Tahun

f:id:windiariska:20181224162535j:plain

Tumbuh Kembang Anak

Setiap orang tua memiliki kewajiban lain disamping memberi makan dan mengurus seorang anak. Yaitu memperhatikan tumbuh kembang anak. Hal ini penting sekali untuk dapat mengetahui apakah kita sudah memberi stimulasi yang benar bagi si kecil atau apakah kita sudah memaksimalkan perkembangangan si kecil. Dan tentunya masih ada berbagai pertanyaan lainnya yang mungkin muncul seputar permasalahan tersebut. Sebagai orang tua pertama atau baru memiliki anak, penting untuk mengetahui perkembangan si kecil melalui tumbuh kembang mereka.

Pada usia 0-3 bulan, biasanya si kecil akan mulai menendang kaki dan menggerakan – gerakan tangannya. Saat si kecil tengkurap maka ia pun akan mulai belajar mengangkat kepalanya. Pada usia ini, tumbuh kembang si kecil pun akan menunjukan pergerakan si kecil seperti menggerakan badannya dari posisi kanan/kiri dan keposisi lainnya. Pada usia 3 – 6 bulan, biasanya si kecil akan mulai bisa duduk dengan menggunakan sandaran lalu mereka biasanya sudah mulai bisa berguling dari posisi tengkurap ke terlentang ataupun sebaliknya. Selanjutnya, pada usia 6 – 9 bulan, si kecil sudah masuk kedalam tahapan lancar berguling ke depan maupun ke belakang. Bahkan sudah dapat duduk tanpa bantuan dan mulai merangkak serta mengangkat badan keposisi berdiri.

Selanjutnya, pada usia 9-12 bulan, diusia ini si kecil akan bisa merangkak lebih cepat, dapat berdiri sendiri selama beberapa detik dan sudah mampu berjalan beberapa langkah sambil pegangan. SI kecil pun sudah semakin terampil seperti bertepuk tangan. Diusia 12 – 18 bulan, biasanya si kecil sudah mulai bisa berdiri sendiri dan juga berjalan dengan sedikit atau bahkan tanpa bantuan orang tuanya. Mereka bahkan sudah dapat mulai membungkuk dan memungut mainannya di lantai. Lalu, pada usia 18-24 bulan, si kecil sudah mulai bisa berlari, berjalan mundur, berjongkok dan naik tangga sendiri. Pada usia 2-3 tahun, si kecil sudah bisa melompat dengan menggunakan dua kaki, turun tangga tanpa kesulitan, dan berjalan kaki. Diusia 3-4 tahun, si kecil biasanya sudah semakin lincah dan mulai berlari dengan kontrol dan terakhir pada usia 4-5 tahun si kecil sudah bisa melompat dan berlari diatas kaki selama 10 detik.