Windi Ariska

Windi Ariska mahasiswi yang rajin menulis

Jenis-Jenis Modem Yang Sering Dipakai Masyarakat

Related image

Pasti anda sudah tak asing lagi jika mendengar istilah modem. Ya, modem merupakan salah satu perangkat yang dapat membantu kita menjangkau jaringan internet. Tanpa ada modem kita tidak bisa mengirim atau menerima data melalui internet. Secara umum modem merupakan kepanjangan dari modulator dan demodulator. Modulator bekerja menghantarkan data dalam bentuk sinyal agar dapat dikirim ke pengguna melalui media tertentu.

Sedangkan demodulator bertugas mendapatkan kembali data yang sudah dikirim oleh pengirim. Ada banyak jenis modem yang berbedar di pasaran. Begitupun dengan harga modem 4G yang dibedakan berdasarkan jenis dan spesifikasinya.

Berikut beberapaa jenis modem yan sering kita temui, diantaranya:

1. Modem internalImage result for Modem internal

Modem yang satu ini merupakan perangkat jaringan yang disimpan di dalam perangkat komputer yang dipasangkan pada slot motherboat. Kelebihannya adalah cara pemasangannya yang mudah dan harganyapun relatif murah. modem internal ini sering juga di sebut On-board Modem, karena memang diletakannya di papan ekspansi.

2. Modem eksternal

f:id:windiariska:20170520155909p:plain

Kebalikan dari modem internel, modem yang satu ini dipasangkan di luar komputer. biasanya modem eksternal di tancapkan pada slot USB dan kabel LAN. Kelebihannya modem eksternal mudah dibawa kemana saja, selain itu juga mudah dipindahkan ke tempat lain. Intinya lebih bersifat fleksible.

3. Modem kabel

Image result for modem kabel

Modem kabel merupakan modem jaringan yang menggunakan kabel sebagai media perantaranya. Modem seperti ini biasa kita temukan di pemasangan TV kabel dan jaringan telepon. Modem ini tidak bisa digunakan untuk mengakses internet karena kecapatan maksimumnya mencapai 27 Mbps. Modem ini hanya bisa menjangkau jaringan TV dan jaringan telepon saja.

4. Modem nirkabel

Image result for modem smartfren 4g nirkabel

Modem yang satu ini merupakan modem yang tidak menggunakan kabel sebagai perantaranya. Seperti modem GSM dan modem CDMA. Kelebihannya modem ini bisa dibawa kemana-mana. Namun kendala cuaca bisa menadi masalah bagi modem jenis ini terutamanjika cuaca sedang tidak mendukung.

Itulah beberapa jenis modem yang sering kita temui dan dipakai masyarakat sekitar. Pilihlah harga modem 4G yang sesuai dengan kondisi keuangan dan kebutuhan anda. harga memang selalu berbanding lurus dengan kualitas. Maka tak heran jika modem yang berkualitas baik memiliki harga yang lumayan tinggi. Begitupun sebaliknya.