Windi Ariska

Windi Ariska mahasiswi yang rajin menulis

Resep Makanan Indonesia Nasi Kuning Komplit

Nasi kuning merupakan salah satu masakan khas Indonesia yang sampai saat ini masih banyak diminati oleh kebanyakan orang. Pada awalnya jenis resep makanan Indonesia yang satu ini hanya dibuat pada beberapa acara tertentu seperti acara syukuran dan beberapa acara formal lainnya. Akan tetapi saat ini, jenis kuliner yang satu ini banyak juga disantap pada berbagai kesempatan oleh kebanyakan orang. Jenis toping yang digunakan sangat bervariatif sehingga bisa anda sesuaikan sendiri dengan selera. Berikut ini akan saya paparkan beberapa cara pembuatan resep kuliner yang satu ini sebagai referensi bagi anda yang tertarik untuk membuatnya:

f:id:windiariska:20160812225236j:plain

1 . Bahan yang Diperlukan

Sebelum anda memulai, tentunya wajib untuk mengumpulkan terlebih dahulu berbagai bahan yang diperlukan untuk pembuatan nasi kuning ini. Beberapa bahan untuk pembuatan resep makanan Indonesia yang satu ini terbilang mudah untuk didapatkan seperti beras ½ kg kemudian cuci bersih, lengkuas 2cm, kaldu ayam 300 ml, daun salam 2 lembar, serai 1 batang kemudian dimemarkan, air kunyit 2 sendok makan, santan kental 500 ml, daun pandan sobek lalu diikat, garam secukupnya dan air 1 liter untuk mengukus. Sedangkan untuk pelengkap sediakanlah ayam goreng atau bakar ( tergantung selera ), tempe kering, sambal merah, telur rebus atau dadar ( sesuai selera ) dan terakhir timun.

2 . Cara Pembuatan

Cara pembuatan untuk masakan yang satu ini terbilang mudah yakni rebuslah semua rempah-rempah yang telah disediakan ke dalam santan dan kaldu, masukan beras kemudian aduk hingga merata agar beras pada bagian bawah tidak lengket pada panci, setelah santan sudah kering angkatlah beras ketika masih setengah matang kemudian panaskan panci kemudian kukus di atas api sedang hingga 30 menit. Setelah matang kemudian angkat dan hidangkan bersama bahan pelengkap tadi.

Saat ini bagi anda yang tengah membutuhkan berbagai referensi sumber resep makanan Indonesia bisa langsung mengunjungi situs nestle yang dapat anda akses melalui sebuah gadget atau smartphone yang anda miliki. Semoga pemaparan di atas bisa anda jadikan sebagai referensi memasak di rumah.