Windi Ariska

Windi Ariska mahasiswi yang rajin menulis

Macam-macam Permainan Olahraga Tradisional yang sangat Digemari di Zamannya

f:id:windiariska:20180122152536j:plain

Sejak dulu, Indonesia dikenal dengan ragam keunikan budayanya serta alamnya yang luar biasa megah dan indah. Salah satu yang menjadi keunikan tersendiri adalah permainan olahraga tradisional yang banyak sekali ragamnya. Mungkin saat ini, beberapa macam permainan tradisional sudah punah dan ditinggalkan, itu semua karena perkembangan zaman yang semakin maju, terutama gawai dan juga internet.

Banyak sekali permainan olahraga tradisional dari berbagai daerah, dan masing-masing daerah memiliki permainan khasnya sendiri. Tentu Anda juga memiliki permainan yang paling digemari dan sangat sering dimainkan bersama teman-teman. Berikut ini merupakan macam-macam permainan olahraga tradisional yang sangat digemari di zamannya, antara lain :

  • Permainan Tradisional Gundu atau Kelereng

Permainan gundu ini lebih sering dimainkan oleh anak laki-laki. Cara bermainnya sangat mudah, karena hanya cukup menyentil kelereng yang Anda punya dan harus mengenai kelereng lawan. Jika ada kelereng lawan yang kena kelereng Anda, maka kelereng tersebut akan menjadi hak milik Anda. Saat ini sudah jarang sekali anak-anak yang memainkan permainan ini.

  • Permainan Tradisional Lompat Tali

Permainan lompat tali ini biasanya dibuat menggunakan karet gelang yang disambung sedemikian rupa, sehingga akan menjadi tali yang panjang. Permainan ini cukup digemari, bisa dimainkan lebih dari dua orang, karena nantinya ada dua orang yang memegang tali agar tidak lepas. Namun, jika tidak ada yang memegangnya, Anda bisa ikatkan pada pohon, tiang, pagar, atau pun yang lainnya. Permainan lompat tali dimulai dari paling bawah, dan secara bergiliran Anda melompat melewati tali jangan sampai menyentuhnya. Semakin lama semakin naik ke atas dan semakin tinggi, jika sudah mulai tinggi Anda boleh menyentuh tali tersebut saat melompatinya.

  • Permainan Tradisional Gobak Sodor atau Galah Asin

Permainan gobak sodor ini biasanya dimainkan oleh dua kelompok, yang masing-masing kelompok terdiri dari minimal dua orang. Kelompok yang menang dapat memulai duluan, dan kelompok yang kalah harus jaga. Kelompok yang jaga sudah siap di garis masing-masing dan kelompok yang menang harus bisa melewati lawan secara cepat dan harus menghindari lawan ketika berlari, jangan sampai tersentuh oleh lawan. Jika ada yang kena atau tersentuh maka artinya kalah, dan gantian kelompok Anda yang jaga.

  • Permainan Tradisional Engklek

Permainan engklek ini juga sangat digemari. Permainan ini bisa dimainkan oleh anak laki-laki maupun perempuan. Permainan ini juga banyak dimainkan di berbagai daerah dengan sebutan yang berbeda-beda. Permainan ini dimulai dengan menggambar kotak-kotak terlebih dahulu, sebaiknya bermain di tempat yang luas seperti lapangan agar memudahkan menggambar susunan kotaknya. Permainan dilakukan secara bergantian, dimainkan dengan cara melempar batu kecil pada tiap kotak secara berurutan, lalu melompat pada setiap kotak dengan satu kaki untuk mengambil batu tersebut kembali, jangan sampai terkena garis, jika terkena garis maka Anda harus berhenti dan gantian dengan yang lain.

Itulah beberapa macam permainan olahraga tradisional yang sangat digemari. Anda bisa memperkenalkan permainan-permainan tradisional tersebut kepada anak-anak, bahkan mengajaknya untuk bermain.

Karena permainan tradisional ini lebih menekankan pada gerak fisik, sehingga anak tetap aktif dan sehat. Untuk itu, sebelum Anda memulai bermain bersama anak-anak, sebaiknya berikan susu Dancow dari Nestle terlebih dahulu. Agar anak-anak menjadi lebih segar, kuat, dan sehat tentunya. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk Anda.