Windi Ariska

Windi Ariska mahasiswi yang rajin menulis

Khasiat Yuzu Citrus Bagi Kesegaran Tubuh

f:id:windiariska:20171113182710j:plain

Mungkin diantara kita hanya beberapa orang saja yang sudah sangat mengenal tentang buah yuzu citrus. Ya, memang seperti itu adanya mengingat bahwa buah yuzu bukan termasuk buah – buahan yang umum dimiliki oleh semua negara di dunia ini. Buah yuzu merupakan tanaman jeruk yang berasal dari Asia Timur. Buah yuzu umumnya sedikit lebih kecil dari grapefruit dengan kulit yang kasar, serta warnanya hijau hingga kuning oranye bergantung pada kematangannya.

Ukuran buahnya (diameter) berkisar antara 5,5 cm hingga 7,5 cm, tetapi ada yang sebesar grapefruit (diameter 10 cm atau lebih). Tanaman ini berasal dari Cina dan tumbuh secara liar di Cina bagian tengah dan Tibet. Yuzu diperkenalkan ke Jepang dan Korea sejak zaman Dinasti Tang dan produksinya berkembang pesat di ketiga negara itu.

Buah yuzu memiliki manfaat atau khasiat yang sangat besar bagi manusia. Khasiat yuzu citrus yang banyak tersebut menjadikan sebuah perusahaan minuman di Jepang mencoba membuat jenis minuman segar berbahan dasar buah yuzu citrus tersebut, agar setiap orang di beberapa negara bisa dengan mudah merasakan manfaat atau khasiat buah yuzu tersebut.

Ada beberapa khasiat yuzu citrus yang bisa anda rasakan saat meminum minuman segar alami Yuzu Tea atau Yuzu Green Tea. Adapaun beberapa khasiat tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Melancarkan Pencernaan. Buah yuzu dapat membantu memenuhi asupan nutrisi untuk Anda yang selanjutnya dapat membantu melancarkan pencernaan.
  2. Mengobati Sariawan. Buah citrus seperti yuzu ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Salah satu manfaat vitamin C yang terkandung dalam buah yuzu adalah untuk membantu mengobati sariawan.
  3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh. Banyaknya kandungan vitamin C dalam buah yuzu juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  4. Membantu Menurunkan Berat Badan. Buah yuzu telah lama digunakan dalam menu diet untuk menurunkan berat badan.
  5. Khasiat yuzu citrus lainnya adalah mencegah Penyakit Diabetes. Kandungan gula yang tidak terlalu tinggi pada buah yuzu membuatnya aman untuk dikonsumsi serta dapat mencegah dari penyakit diabetes.