Windi Ariska

Windi Ariska mahasiswi yang rajin menulis

Zat Gizi Anak yang Diperlukan dan Fungsinya

f:id:windiariska:20180109162746p:plain

Pertumbuhan anak tentunya harus didukung oleh faktor utama yaitu nutrisi yang bersumber dari makanan. Umumnya, tubuh anak memerlukan enam zat gizi utama, yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air.

Zat gizi dan nutrisi tersebut dapat diperoleh dari makanan yang bisa dikonsumsi sehari-hari oleh anak anda. Oleh sebab itu, agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, dan mengalami pertumbuhan dengan optimal.

Maka makan makanan yang dimakannya tidak boleh hanya sekedar mengenyangkan perut saja, melainkan perlu memerhatikan kandungan dan nutrisi serta gizi yang ada pada makanan tersebut serta higienis dan aman, bersih dari kotoran dan bibit penyakit serta tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan anak.

Salah satu sumber zat gizi yang sangat lengkap adalah susu pertumbuhan anak yang mengandung zat gizi baik untuk anak serta fungsinya yang bagus seperti berikut ini.  

Zat gizi dan nutrisi diatas tentunya mempunyai fungsi yang baik bagi kesehatan anak serta dapat menghasilkan tenaga yang digunakan oleh anak untuk melakukan berbagai kegiatan, seperti belajar, berolah raga, bermain, dan aktivitas lain (disebut zat tenaga).

Selain itu juga, Zat makanan yang merupakan sumber tenaga utama adalah karbohidrat dan lemak. Oleh sebab itu, sumbernyapun harus diketahui yaitu, makanan yang banyak mengandung karbohidrat adalah beras, jagung, singkong, ubi jalar, kentang, talas, gandum dan sagu.

Makanan yang banyak mengandung lemak adalah lemak hewani, mentega, minyak goreng, kelapa, dan keju. Selain itu juga, fungsi dari zat dan nutrisi diatas tentunya dapat membangun jaringan tubuh dan mengganti jaringan tubuh yang aus atau rusak.

Zat makanan yang merupakan zat pembangun adalah protein, yang mana, makanan yang banyak mengandung protein adalah tahu, tempe oncom, kacang-kacangan, telur, daging, ikan, udang dan kerang dan susu pertumbuhan anak seperti dancow susu.

Selain itu juga, zat dan nutrisi lain yang mengatur kegiatan-kegiatan terjadi di dalam tubuh (disebut zat pengatur)., yang mana, zat makanan yang merupakan zat pengatur adalah vitamin, mineral dan air. Makanan yang banyak mengandung vitamin, mineral dan air adalah sayur-sayuran dan buah-buahan.

Demikian ulasan mengenai zat gizi anak yang diperlukan beserta fungsinya bersama Dancow sebagai susu pertumbuhan anak yang sangat baik untuk semua usia pertumbuhan anak.