Windi Ariska

Windi Ariska mahasiswi yang rajin menulis

Fase Tumbuh Kembang Anak

f:id:windiariska:20171220085213p:plain

Pada masanya anak anak memang sangat membutuhkan perhatian,  sebab anak anak masih dalam masa pertumbuhan dan perkembangan.  Dalam masa tersebut ada beberapa fase penting yang jika terbengkalai atau lalai dari perhatian orang tua akan mengakibatkan hal yanh cukup fatal pada anak.  

Fase fase tersebut seperti pertunbuhan tinggi anak,  dan perkembangan psikologis anak.  Maka dari itu pada fase ini dibutuhkan beberapa hal yang dapat mendukung tumbuh kembang anak.  Seperti pemenuhan gizi anak,  bimbingan anak,  dan pemilihan lingkungan yang tepat bagi anak.

Berikut penjelasannya :

1. Pemilihan lingkungan yang tepat bagi anak

Maksudnya adalah bagaimana anda sebagai orang tua dapat menyiapkan lingkungan yang baik bagi anak.  Dalam hal lingkup kecil yakni keluarga.  Sebisa mungkin lingkungan keluarga harus tertata dengan baik sehingga anak tidak mengalami hal hal yang buruk agau berkesan tidak baik pada ingatan masa kecilnya.  Karena bagaimana pun keluarga adalah lingkungan yang utama bagi anak untuk menghadapi kehidupan.

2. Bimbingan psikologis

Orang tua juga harus memperhatikan kondisi psikologis anak.  Jangan sampai anak memiliki masalah psikologis yang tidak terkendali atau tidak diketahui oleh orang tuanya. Dan itu akan sangat berbahaya bagi perkembangan psikologis anak hingga dewasa.Maka dari itu perhatikan selalu bagaimana anak bertingkah,  berperilaku dan bersosialisasi.

Pemenuhan gizi anak Dan yang paling penting adalah bagaimana anak mengonsumsi makanaan apakah sudah terpenuhi gizinya atau belum.  Dengan gizi maka pertumbuhan badan dan perkembangan otak anak akan lebih signifikan.

Bagaimana pun melalui makanan akan terserpa gizi pada tubuh dan otak.  Makanan juga akan membantu pertumbuhan tulang khususnya sehingga anak bisa tinggi dan otak supaya cerdas.  

Itulah beberapa hal yang harus diperlu anda perhatikan pada anak anda.  Dengan begitu maka tumbuh kembang anak akan menjadi bagys dan terkontrol. Sebenarnya masih ada banyak hal lagi yang eprlu diperhatikan untuk mendukung tumbuh kembang anak. Intinya saat anak dalam fase penting orang tuabharus selalu memperhatikan dan membimbing anak supaya apa yang dibentuk pada fase penting tidak sia sia.