Windi Ariska

Windi Ariska mahasiswi yang rajin menulis

Program Studi Ilmu Teknik Sipil Magister S2 UI

f:id:windiariska:20171114133659j:plain

Universitas indnoesia merupakan kampus yang menjadi andalan masyarakat Indonesia dalam mengemban ilum, baik untuk mencetak lulusan S1 yang professional dalam suatu bidang ilmu, maupun lulusan S2. Seperti Fakultas Teknik Universitas Indonesia yang menyelenggarakan beberapa pilihan bidang kekhusan misalnya program studi ilmu teknik sipil serta bidang ilmu teknik mesin, yang semua itu mempunyai kelebihan dan keunggulan tersendiri.

Sebagai induk terbaiknya, fakultas teknik ini adalah Universitas Indonesia yang sudah dinyatakan sebagai universitas terbaik dan masuk sebagai best international university atau universitas international dengan menyediakan berbagai rumpun ilmu serta fakultas dan jurusan terkemuka yang akan menjadi andalan mahasiswa – mahasiswa Indonesia yang akan siap bersaing di dunia kerja dengan kemampuan yang professional.

Pendidikan Magister Teknik pada Program Pascasarjana Bidang Ilmu Teknik (PPS-BIT) FTUI dimulai pada tahun 1992 dengan dibukanya Program Studi (PS) Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro dan Teknik Metalurgi.

Pada tahun 2000 dibuka Program Studi Teknik Kimia yang berasal dari kekhususan Teknik Gas pada Program Studi Teknik Metalurgi, Program Studi Teknik Industri yang berasal dari kekhususan Manajemen Industri pada Program Studi Teknik Mesin, dan Program Studi Arsitektur.

Pada akhir tahun yang sama, Program Studi Optoelektroteknika dan Aplikasi Laser bergabung dengan Program Pascasarjana FTUI. Program Studi pada Program Magister dipimpin oleh Ketua Program Studi (KPS) yang dijabat secara ex-officio oleh Ketua Departemen.

Program Studi S2 memiliki satu atau lebih Bidang Kekhususan untuk memberikan pendalaman pengetahuan teknik yang lebih spesifik kepada mahasiswa peserta program studi tersebut. Program Studi Ilmu Teknik Sipil mempunyai delapan bidang kekhususan, yaitu:

  1. Manajemen Proyek Kelas Reguler Depok
  2. Manajemen Proyek Kelas Khusus Salemba
  3. Manajemen Konstruksi Kelas Reguler Depok
  4. Manajemen Konstruksi Kelas Khusus Salemba
  5. Manajemen Infrastruktur Kelas Reguler Depok
  6. Teknik Lingkungan Kelas Reguler Depok
  7. Transportasi Kelas Reguler Depok
  8. Manajemen Sumber Daya Air Kelas Reguler Depok

Demikian ulasan mengenai bidang kekhususan program studi ilmu teknik sipil di Universitas Indonesia atau international university.