Windi Ariska

Windi Ariska mahasiswi yang rajin menulis

Strategi Lulus International University Seperti UI

 

f:id:windiariska:20171007124336p:plain

Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi bukanlah hal yang mudah, apalagi jika ingin melanjutkan ke perguruan tinggi favorit setara UI. Indonesia yang kini memiliki beberapa perguruan tinggi favorit memiliki tingkat seleksi mahasiswa baru yang terbilang sulit di tembus bagi sebagian pelajar lulusan SMA. Universitas Indonesia yang merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia yang menyeleksi mahasiswa barunya dengan sangat ketat. Hal ini juga berlaku untuk pelajar asing yang ingin masuk ke UI. Kita ketahui bahwa UI menjadi salah satu international university di Indonesia yang menyediakan kelas international. Saat ini kami akan membagikan beberapa strategi untuk lulus international university setara UI.

  • Percaya Diri

Saat Anda melakukan tes atau seleksi sabaiknya Anda juga mempersiapkan mental salah satunya adalah confidence atau percaya diri. Melatih rasa percaya diri dapat dilakukan dengan ikut beberapa Try Out untuk Universitas yang Anda tuju, contoh UI yang biasanya mengadakan Try Out SIMAK UI (Seleksi Masuk Universitas Indonesia). Selain Anda bisa lebih mengetahui soal apa saja yang biasanya akan muncul, Anda bisa juga lebih mengatur waktu, dan mengetahui situasi yang akan terjadi saat seleksi. Hal ini akan membuat mental Anda lebih percaya diri saat ujian masuk universitas terbaik di Indonesia.

  • Latihan

Pastikan Anda sering berlatih mengerjakan soal-soal yang biasa muncul. Dari beberapa pengalaman soal-soal seleksi biasanya memiliki jenis yang sama. Hanya saja soal akan di modifikasi setiap tahunnya. Ikuti berbagai Try Out yang diadakan, selain itu akan melatih kemampuan Anda dalam menjawab soal.

  • Prioritas Soal

Umumnya soal seleksi masuk universitas memiliki poin penilaian jika benar 4 poin, jika salah -1 dan jika tidak menjawab 0. Maka dari itu untuk Anda yang tidak yakin akan menjawab dengan benar sebaiknya tidak menjawab, karena jika memutuskan untuk menjawab namun pada akhirnya salah akan mendapatkan poin -1.

  • Konsisten dan Disiplin

Dua hal ini sangatlah penting. Bahkan orang-orang Jepang menanamkan sikap konsisten dan disiplin sejak masih usia dini. Disiplinlah kepada waktu dan konsisten untuk tetap belajar hingga hari H seleksi masuk universitas. Disi

  • Do’a dan Jaga Kesehatan

Percayalah bahwa kekuatan do’a adalah segalanya. Dengan do’a pulalah rasa gugup yang muncul biasanya akan sedikit berkurang. Jangan pula juga untuk tetap menjaga kesehatan. Upayakan Anda bisa menjaga pola hidup dengan baik selama persiapan, dengan makan dan beristirahat yang cukup.