Windi Ariska

Windi Ariska mahasiswi yang rajin menulis

Pola Asuh Anak Otoriter, Baik Atau Buruk

f:id:windiariska:20170823041226j:plain

Para orang tua akan memiliki cara tersendiri dalam mendidik anak-anaknya, kesuksesan dan keberhasialan anak memang tidak lepas dari peran dan dukungan dari orang tuanya, baik pendidikan agamanya, pendidikan umum, pendidikan karakter dan lain sebagainya. Setiap orang yang memiliki akal tentunya membutuhkan pendidikan sesua dengan kebutuhannya, begitu juga anak-anak yang memang dalam masa pertumbuhannya perlu sekali dukungan dan peran orang tua dalam membimbing si anak tumbuh emnjadi pribadi yang lebih baik.

Pola Asuh Anak sebetulnya cukup beragam, namun kali ini kita akan mengenal cara mengasuh anak atau mendidik anak dengan cara otoriter. Mungkin sebagian dari Anda ada yang sudah paham dan ada juga yang masih bingung apa itu pola asuh terhadap anak dengan cara otoriter? Apakah baik atau buruk pola asuh yang diterapkan sepeti itu? Ini penjelasannya!.

Pola Asuh Anak otoriter adalah pola asuh dari orang tua yang dianggap paling berbahaya, mengapa demikian? Karena, dalam pola asuh otoriter ini setiap keinginan orang tua harus dituruti oleh anaknya tanpa pengecualian. Pasti ada orang tua yang seperti ini, mindsetnya adalah, orang tua pasti menginginkan anak-anaknya berhasil memiliki karakter yang baik, pintar dan lain sebagainya.

Namun, dengan cara memaksakan kehendak orang tua dan si anak tidak begitu tertarik justru akan merusak pikiran dan karakter anak itu sendiri. Disini anak tidak diberikan kesempatan dalam berpendapat dan harus selalu mengikuti aturan dan perintah orang tuanya. Apapun yang diperintahkan oleh orang tuanya harus dilakukan oleh anaknya selama menurutnya itu baik bagi si anak, namun sebaliknya si anak akan merasa depresi jika harus selalu mengikuti segala aturan ornag tua yang terlalu otoriter.

Sebaiknya berikan Pola Asuh Anak yang baik sesuai dengan karakter dan keinginan anak, jangan paksakan anak menyukai sesuatu yang tidak disukai oleh anak. Ini akan merusak mentalnya anak. Biarkan anak tumbuh dan berkembang dengan baik, namun tetap dalam pengawasan orang tua. Dan jangan lupa juga berikan anak Anda nutrisi yang tepat di setiap tahap pertumbuhannya dengan susu Dancow.