Windi Ariska

Windi Ariska mahasiswi yang rajin menulis

Kenali Beberapa Jenis Formwork Yang Kerap Digunakan

f:id:windiariska:20170203131052j:plain

Bagi anda yang memang tidak begitu mengenal dunia konstruksi, tentu akan asing saat mendengar nama alat yang satu ini, formwork. Untuk itu, dalam kesempatan kali ini, akan sedikit kami bahas mengenai formwork atau di tengah masyarakat dikenal pula dengan istilah bekisting. Bekisting itu sendiri, merupakan alat pembantu atau penunjang dalam pembangunan terutama saat membangun sebuah gedung.

Bekisting lebih tepatnya digunakan untuk mencetak beton. Sehingga beton yang dihasilkan memiliki bentuk, ukuran, dan hal lainnya sesuai dengan kebutuhan dan perencanaan sebelumnya. Bekisting yang diperlukan untuk pembangunan dapat anda peroleh dengan membuatnya sendiri, ataupun rental formwork yang dapat anda jumpai di beberapa perusahaan pendukung konstruksi.

Pemilihan bekisting yang kerap digunakan memiliki bahan-bahan yang cukup beragam, hal tersebut disesuaikan kembali dengan kebutuhan, dan anggaran biaya. Adapun beberapa jenis bekisting terebut diantaranya sebagai berikut:

  • Bekisting konvensional

Formwork atau bekisting konvensinal merupakan bekisting tradisional. Bahan yang digunakan untuk pembuatannya merupakan kayu kokoh dan kuat, yang mampu menahan dan menyangga beton dengan baik. Jenis bekisting dari kayu ini, membutuhkan biaya yang terbilang rendah, hanya saja waktu yang dibutuhkan cukup lama. Baik dalam pemasangan maupun pembongkaran. Bekisting yang terbuat dari kayu, digunakan hanya sekali saja. Namun tidak menutup kemungkinan, kayu yang telah digunakan dapat digunakan untuk struktur lain.

  • Bekisting knock down

Setiap jenis bekisting memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri, dan begitupun  untuk bekisting konvensional. Oleh karenanya disempurnakan dengan bekisting knock down. Jenis bekisting yang kedua ini terbuat dari plat baja dan besi hollow. Dana yang dibutuhkan untuk menggunakan bekisting knock down terbilang cukup mahal, apabila dibanding dengan bekisting tradisional. Hanya saja lebih awet dan tahan lama. Sehingga ketika selesai digunakan untuk mencetak beton satu, maka dapat digunakan kembali untuk beton lainnya.

Itulah dua jenis bekisting yang cukup banyak digunakan oleh berbagai pihak. Untuk lebih menghemat biaya dan waktu, sebaiknya anda rental formwork di Reycom.