Windi Ariska

Windi Ariska mahasiswi yang rajin menulis

Cara Mempersiapkan Anak Miliki Tiga Kecerdasan Berikut

f:id:windiariska:20161220112443j:plain

Ada 3 macam jenis kecerdasan, ada kecerdasan intelektual, ada kecerdasan spiritual dan ada pula kecerdasan emosional. Ketiga kecerdasan itu haruslah dimiliki oleh setiap manusia, guna untuk menjalani kehidupan yang baik dan stabil. Kecerdasan – kecerdasan tersebut dapat ditanamkan dan dilatih sejak kecil. Maka dari itu bagi ibu yang memiliki anak harus lah mendidik anak dengan melatih supaya anak memiliki ketiga kecerdasan tersebut. Lalu bagaimana asih cara mempersiapkan anak kita supaya menjadi anak cerdas dalam tiga hal tersebut? Berikut penjelasannya.

Untuk mempersiapkan anak supaya sang anak memiliki kecerdasan intelektual, sudah pasti ibu harus memberikan pengarahan mengenai ilmu pengetahuan kepada sang anak. namun, pada usia di bawah lima tahun  sebaiknya ibu jangan terlalu serius memaksakan anak anda untuk belajar.

Biarlah anak belajar sambil ia bermain, atau ajarkanlah anak sesuatu yang sesuai dengan umurnya dan juga tidak sampai membuat anak terbebani. Biarkan anak anda belajar secara alamiah dari hal – hal yang ia pelajari, orang tua hanya mengarahkan dan menjawab yang menjadi pertanyaan anak – anak. kecerdasan intelektual juga didukung dengan kondisi kesehatan anak yang baik, maka terus berikan gizi yang  cukup bagi anak seperti memberikan susu dancow untuk menunjang aktivitas sehari – hari anak.

Sedangkan mengenai kecerdasan spiritual , hal ini begitu sangat penting ditanamkan keteguhannya sejak anak masih kecil. Berikan penjelasan – penjelasan ringan mengenai keyakinan dan agama. salah satu cara efektif untuk melatih kecerdasan spiritual anak adalah dengan memberikan anak contoh, sebab anak – anak biasanya pandai meniru. Berikan contoh beribadah, atau contoh – contoh lain yang berhubungan dengan kegiatan keagamaan.

Berikutnya adalah cara mempersiapkan anak cerdas dalam hal emosional, ini merupakan hal yang paling sulit, sebab banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi kecerdasan emosional anak. salah satunya adalah lingkungan, sebaik apapun pelatihan emosional yang dibentuk orang tua, jika lingkungan tidak mendukung maka akan mengacaukan mental anak. begitu pun dengan sikap orang tua sendiri, jika orang tua tidak dapat mengelola emosi dengan baik maka imbasnya anak – anak pun akan memiliki goncangan pada emosinya.