Windi Ariska

Windi Ariska mahasiswi yang rajin menulis

Tips Menciptakan Tidur Siang Berkualitas Pada Anak

f:id:windiariska:20161215124013j:plain

Anda tentu telah mengetahui manfaat tidur siang bagi anak – anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, untuk itu buatlah jadwal yang tepat untuk anak agar mereka mau beristirahat sejenak dengan cara tertidur agar tubuh dan otot – ototnya dapat turut beristirahat setelah setengah hari bermain bersama teman dan juga anda. selain dapat mengistirahatkan tubuh, tidur siang secara efektif dan rutin juga dapat membuat organ – organ di dalam tubuh turut beristirahat dan berfungsi kembali dengan lebih baik setelah bangun nanti. Manfaat –manfaat tersebut akan diperoleh jika anak – anak memiliki kualitas pada waktu tidur siangnya, jadi mari kita ciptakan tidur siang anak secara berkualitas melalui cara mudah yang dapat dilakukan oleh para orang tua terutama oleh Ibu yang berperan penting untuk mengasuhnya.

Menciptakan tidur siang berkualitas pada anak, dapat bunda lakukan melalui tips yang akan kami ulas melalui poin – poin berikut ini.

  • Saat anak bermain, tentu mereka akan mudah berkeringat, apalagi setelah bermain di luar dan di sekolah playgroup bersama teman – temannya. Dalam hal ini, bunda harus terlebih dulu membersihkan tubuh anak yang berkeringat dengan menggunakan tisu basah atau memandikannya setelah keringat suhu badan anak tidak terlalu panas.
  • Cemilan kue merupakan makanan yang tepat untuk diberikan sebelum makan siang tiba, karena kue dapat mengenyangkan perut saat Ia tertidur, sehingga bunda dapat memberikannya dan dapat dilengkapi dengan segelas susu agar tubuh anak dapat tumbuh secara optimal ketika Ia tertidur.
  • Jangan lupa bunda, sebelum tidur siang pun anda harus mengajarkannya untuk menggosok gigi agar sisa – sisa kue yang dicemil tadi tidak merusak giginya.
  • Usahakan untuk membuat anak tidur siang di kamar dan di tempat tidur, hindari menidurkan anak di ruangan lainnya, apalagi di ruangan keluarga. Tidur siang di tempat tidur dapat membuat anak terbiasa, dan dapat membuat tidurnya lebih berkualitas.
  • Jangan membangunkan anak secara paksa jika sudah tiba waktunya bangun, biarkan mereka bangun sendiri, karena pada umumnya anak di bawah 5 tahun memiliki waktu tidurnya sendiri yaitu sekitar 2 jam.

Itulah beberapa tips yang dapat diaplikasikan setiap hari untuk mendapatkan manfaat tidur siang yang berkualitas pada anak – anak, jangan lupa juga untuk membantu tumbuh