Windi Ariska

Windi Ariska mahasiswi yang rajin menulis

Nutrisi Untuk Berat Badan Ideal

Perlu diketahui bahwa berat badan ideal itu adalah relative, karena bentuk tubuh seseorang berbada-beda ada yang berbentuk seperti gelas, oval, segi tiga terbalik, lurus bahkan ada pula yang menyerupai buah pear dan bentuk-bentuk yang lainnya.
Sehingga tidak ada satu titik yang menunjukkan berat badan yang sangat ideal yang absolut, tetapi lebih pada rentang berat badan tertentu.

f:id:windiariska:20161108123957j:plain


Melalui porsi makan yang bisa mencukupi kebutuhan berat badan baik itu karbohidrat, vitamin dan mineral sesuai dengan postur tubuh, yang dapat dilihat dari beratnya badan.
Jika seseorang berat badannya melewati batas ideal, berarti asupan porsi makannya melebihi kebutuhan. Sebaliknya apabila seseorang berat badannya lebih rendah dari ideal, maka makannya kurang cukup.

Selain pola makan menu makanan yang dikonsumsi juga harus diperhatikan, menu makanan yang beraneka ragam dapat dapat memberikan asupan gizi atau nutrisi yang cukup diperlukan untuk tubuh, beberapa nutrisi yang harus dipenuhi dalam makanan yang dikonsumsi tubuh supaya berat badan ideal yaitu seperti :

    Vitamin, garam mineral dan air. Dimana air sangat diperlukan dalam jumlah yang banyak bagi tubuh, selain air mineral dapat menambahkan minuman seperti susu untuk melengkapinya sehingga energy menjadi bertambah.


    Karbohidrat, ada tiga jenis karbohidrat yaitu berupa gula, pati dan serat. Dimana gula sebagai karbohidrat sederhana yang biasa terdapat pada buah-buahan, madu dan susu. Sedangkan pati dan serat termasuk karbohidrat kompleks, biasanya pati ditemukan pada kentang dan makanan yang mengandung biji-bijian sedangkan serat ditemukan pada makanan seperti kacang polong, gandum, sayuran serta buah-buahan


    Protein, protein bisa berasal dari hewan yang disebut protein hewani baiasanya terdapat pada makanan seperti daging, ikan, telur, susu dan keju. Dan dari tumbuhan yang biasa disebut protein nabati terdapat pada makanan kacang kedelai, kacang hijau dan kacang-kacangan lainnya.

Untuk selalu diingat pertumbuhan dan perkembangan tidak hanya ditentukan dari apa yang dimakan setiap hari.
Namun ditentukan juga oleh seberapa bagusnya bahan makanan yang disajikan dan bagaimana makanan tersebut diolah sehingga berat badan ideal tetap terjaga.