Windi Ariska

Windi Ariska mahasiswi yang rajin menulis

Gaya Hidup Sehat Kunci Kesuksesan Anda

Setiap orang pasti mendambakan yang namanya sehat. Kesehatan ditentukan dari gaya hidup seseorang. Biasanya kita akan mengubah gaya hidup kalau terjadi sesuatu yang menimpa pada diri kita.

f:id:windiariska:20161027135306p:plain

Misalnya terserang sakit maag gara-gara hal sepele yaitu jarang sarapan. Kalau sudah terserang bahkan sampai kronis baru mengubah gaya hidup biasanya jarang sarapan setelah sakit menyediakan waktu khusus untuk sarapan. Nah kebiasaan seperti itulah yang salah. Seharusnya kita sedia payung sebelum hujan. Artinya biasakan memiliki gaya hidup sehat untuk menghindari sakit.

Sebetulnya sehat itu tidak mahal, hanya kita saja yang tidak mau mengubah gaya hidup. Jika kita sudah memulai gaya hidup sehat berarti pada saat itu kita sedang menolak datangnya sakit. Lebih baik mencegah daripada mengobati karena yang namanya mengobati lebih mahal daripada mencegah. Berikut ini adalah tips-tips yang dapat Anda jalani dalam menjaga kesehatan, yaitu:

  • Makan dengan pola teratur. Anda harus memiliki jadwal untuk makan artinya usahakan makan sebelum lapar. Jangan biarkan perut Anda protes. Biasanya makan yang teratur sehari tiga kali pagi, siang, dan sore/malam. Namun harus diperhatikan juga jika kenyang berhentilah makan. Artinya makanlah sesuai porsi yang pas bagi tubuh kita. Kekenyangan bukan hal yang baik untuk kesehatan.  Jadi makan dengan pola teratur artinya makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang.
  • Lakukan kegiatan fisik atau berolahraga. Organ dalam tubuh kita seperti mesin membutuhkan pemanasan. Jika mesin jarang dipakai atau dipanaskan maka mesin itu akan berkarat dan akhirnya rusak. Begitu pula dalam tubuh kita. Jika kita jarang melakukan kegiatan fisik atau berolahraga maka akan terjadi penumpukkan zat-zat dalam tubuh kita yang akhirnya akan menimbulkan penyakit.
  • Istirahat dengan cukup dan teratur. Istirahat merupakan salah satu kunci keberhasilan karena dengan istirahat yang cukup kita akan mendapatkan tubuh dan pikiran kita kembali bugar. Oleh karena itu jika Anda ingin sukses dalam pekerjaan istirahatlah dengan cukup namun jangan terlalu lama. Menurut kesehatan idealnya tidur 8-9 jam sehari. Oleh karena itu aturlah pekerjaan sesuai dengan kapasitas, jangan pekerjaan yang mengatur kita.
  • Mengelola stress.  Untuk mengelola stress ini Anda cukup meluangkan waktu Anda untuk menjalani hobi atau melakukan kegiatan-kegiatan yang menurut Anda Happy. Yang jelas dalam mengelola stress ini lakukan kegiatan yang membuat pikiran dan tubuh Anda rileks.

Itulah sebagian gaya hidup sehat yang dapat Anda lakukan untuk mencegah datangnya penyakit. Mudah bukan? Hanya saja yang menjadi masalah ada pada Anda sendiri. Anda enggan meluangkan waktu untuk memanjakan diri sendiri karena Anda telah diatur oleh pekerjaan. Bukannya kita yang mengatur pekerjaan.