Windi Ariska

Windi Ariska mahasiswi yang rajin menulis

Asal Usul Shabu Shabu

Bagi anda para pecinta kuliner Asia terutama Jepang, pastilah sudah mengenal yang namanya menu shabu shabu yang pastinya selalu tersedia dalam daftar menu di restoran – restoran Jepang yang ada di Indonesia ataupun di negaranya sendiri. Namun mungkin anda belum mengetahui asal usul dari makanan shabu shabu ini, karena anda hanya berperan sebagai penikmat makanan Jepang saja.

f:id:windiariska:20161026165705p:plain

Sebagai penikmat, tentu anda juga harus menambah wawasan baru di dunia kuliner khususnya best shabu shabu di Jakarta dari Jepang yang saat ini sedang kita bahas dalam artikel ini. Asal usul dari shabu shabu bermula di Beijing dari bagian timur laut Tiongkok dikenal masakan bernama shuan yang rou yang berupa irisan tipis daging domba yang dimasak di dalam panci berisi air mendidih dan biasa dinikmati di musim dingin. Masakan tersebut kemudian di bawa ke Jepang oleh orang Jepang yang pernah tinggal di Manchuria.

Salah seorang pemiliki rumah makan Junidanya yang menjual Ochazuke dan Mizutaki di Kyoto mendengar kebiasaan makan di Tiongkok dari orang yang pernah tinggal di sana, kemudian pemilik rumah makan tersebut mendapatkan ide untuk meletakan irisan tipis daging sapi di atas nasi dan di makan secara Ochazuke dengan cara menyiramkan teh hijau panas di atasnya.

Pada tahun 1952 restoran Suehiro di Osaka mulai menghidangkan masakan dari irisan tipis yang diberi nama shabu shabu dan berhasil mendapatkan merek dagang untuk masakan ini pada tahun 1995. Dari asal usul tersebutlah hingga saat ini shabu shabu menjadi makanan favorit pilihan warga Jepang, bahkan saat ini menjadi favorit di Indonesia. Berbagai restoran Jepang yang menyediakan shabu shabu sudah dapat anda temui di Jakarta, dan salah satu restoran yang paling rekomended untuk dikunjungi adalah best shabu shabu di Jakarta shabu shabu gen.

Setelah mengetahui asal usul dari shabu shabu sebagai makanan Jepang kesukaan anda, tentu wawasan anda menjadi lebih bertambah dan saat ditanya oleh banyak orang lainnya, maka anda tidak akan kebingungan, apalagi anda sebagai penikmat dan pecinta kuliner Jepang.