Windi Ariska

Windi Ariska mahasiswi yang rajin menulis

Manfaat Tidur Siang Bagi Anak

Anak adalah individu yang sangat aktif mengeksplor lingkungannya. Dia akan senantiasa bergerak sepanjang hari. Terkadang kita sebagai orang tuanya mengkhawatirkan kelelahan bagi mereka apabila melihat tingkah polahnya. Namun justru anak itu sendiri seperti yang tidak merasa kelelahan sedikitpun. Tahukah bunda walaupun sepertinya anak memiliki cadangan energi yang besar tetapi sebenarnya  mereka tetap memerlukan untuk beristirahat.

f:id:windiariska:20161024124846p:plain

 

Salah satu cara yang paling efektif untuk mengistirahatkan tubuh anak adalah dengan tidur siang. Begitu banyak manfaat tidur siang bagi anak, salah satunya adalah mengistirahatkan tubuh. Oleh karena itu, maka tidak heran jika anak tidak tidur siang akan rewel dengan sering menangis.

Tidur siang memiliki segudang manfaat penting bagi tubuh anak, Berikut adalah beberapa manfaat tidur siang bagi anak :

  1. Mengistirahatkan tubuh, anak adalah makhluk yang aktif dan senang bergerak dengan bebas. Ia anak bergerak ke san kemari hingga seluruh organ dalam tubuhnya bekerja, terutama otot tubuhnya. Dengan tidur siang maka tubuh anak akan beristirahat dan ketika bangun tubuhnya menjadi segar.
  2. Meningkatkan daya tahan tubuh anak, ketika anak melakukan aktifitas tidur siang maka ada selain tubuhnya beristirahat maka akan diproduksi beberapa hormon yang akan menjaga keseimbangan tubuh serta meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga anak tidak mudah terinfeksi penyakit.
  3. Merangsang pertumbuhan tubuh anak, pada saat anak anda tidur akan diproduksi hormon  human growt hormon (hgh), hormon ini diproduksi oleh otak yang berfungsi untuk membantu proses perkembangan tubuh.
  4. Meningkatkan daya ingat, otak anak akan senantiasa bekerja sepanjang hari karena sifat anak yang cenderung ingin mengeksplor lingkungannya sehingga otaknya pun bekerja dengan keras. Ketika anak tidur siang maka otak akan mengistirahatkan dirinya sehingga ketika anak bangun kerja otak akan lebih optimal
  5. Menghindari stres pada anak, anak yang melakukan tidur siang akan terhindar dari stres dan kelelahan, sehingga anak yang tidur siang tidak akan rewel dan lebih bahagia serta lebih ceria.

Banyak sekali manfaat tidur siang bagi buah hati kita, maka upayakanlah buah  hati kita untuk melakukan kegiatan tidur siang ini minimal satu jam setiap hari.