Windi Ariska

Windi Ariska mahasiswi yang rajin menulis

2 Cara Merawat Peralatan Rumah Tangga Menurut Bahannya

Bagi seorang pria yang sibuk dengan pekerjaannya, mungkin akan sulit untuk bisa memperhatikan keadaan lingkungan rumah secara detail. Berbeda dengan kaum wanita yang setiap harinya terus bergelut di rumah untuk mengurus rumah tangganya, terkecuali para wanita karir. Namun pada dasarnya, wanita pasti mesti mengurusi keluarganya karena itu memang sudah menjadi kudrat alam. Dan salah satu hal yang selalu menjadi perhatian para ibu adalah soal peralatan rumah tangga, ibu paling tahu kondisinya. Namun bagi para lelaki pun mesti tahu betul keadaan lingkungan terutama di rumah, yaitu dengan memperhatikan berbagai peralatan rumah agar semua keluarga yang menghuninya tetap merasa nyaman.

Peralatan yang ada di rumah sangatlah penting untuk dirawat dengan sebaik mungkin, namun peralatan tersebut tentunya terbuat dari bahan yang berbeda-beda sehingga cara merawatnya pun juga pasti akan berbeda seperti :

1. Peralatan terbuat dari bahan kayu atau bambu

Bahan peralatan yang terbuat dari kayu ataupun bambu ini biasanya merupakan peralatan tradisional, dimana kebanyakannya adalah berupa meja, talenan, ataupun lemari. Nah untuk merawatnya cukup mudah, yaitu selalu menjaganya agar tetap kering dan tidak lembab. Namun jika peralatan tersebut kotor, maka Anda cukup membersihkannya dengan air yang dicampur dengan sabun yang beraroma jeruk ataupun lemon. Setelah dibilas kemudian keringkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering.

2. Peralatan yang terbuat dari plastik

Di zaman modern seperti sekarang ini sudah pasti jika ada banyak peralatan rumah yang terbuat dari bahan dasar plastik. Cara merawat peralatan yang terbuat dari plastik ataupun dari melamin memang sama saja, yaitu jika peralatan tersebut kotor maka mesti direndam dengan air panas selama 15 menit, kemudian baru dibasuh dengan menggunakan sabun pencuci piring dan diamkan hingga kering.

 

f:id:windiariska:20161011230531p:plain

Selain kedua bahan tersebut, masih ada banyak lagi bahan penyusun peralatan lainnya seperti kaca ataupun logam. Namun perawatan yang paling utama adalah dengan sering dibersihkan dan menjaganya agar tetap kering. Namun jika sudah rusak, maka sebaiknya cepat diganti. Anda bisa memesan berbagai peralatan rumah tangga secara offline ataupun online di mumu kapan pun dan dimana pun Anda berada.