Windi Ariska

Windi Ariska mahasiswi yang rajin menulis

Cara Cepat Dalam Menghafal Dengan Praktis

f:id:windiariska:20161010111521j:plain

Dalam cara mudah menghafal yang praktis sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja dengan mudah tanpa perlu repot-repot, apalagi jika mengetahui mengenai bagaimana cara dalam melakukannya. Hal inipun sangat baik jika dilakukan oleh anak-anak yang masih dalam tahap belajar, terutama dalam berbagai pelajaran yang memang membutuhkan hafalan yang kuat. Misalnya berbagai pelajaran sosial seperti Sejarah, Pkn, geografi dan yang lainnya. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga untuk pelajaran eksak atau hitung menghitung yang membutuhkan hafalan dalam berbagai rumus.

Untuk seorang anak yang ingin mudah dalam menghafal terdapat berbagai cara mudah menghafal yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Dan berikut ini beberapa cara diantaranya yang bisa dilakukan dalam menghafal.

  1. Memahami apa yang akan dihapal. Mengerti dan memahami akan apa yang akan dihapal akan lebih membuat hapalan yang diingat menjadi lebih mudah. Apalagi untuk hapalan yang bersifat rumus-rumus pelajaran maka akan lebih mudah lagi jika anak anda sudah memahami akan apa yang akan dihapalnya.
  2. Selalu konsentrasi dan fokus. Dengan konsentrasi yang baik, maka dalam menghafalpun akan lebih baik juga. Untuk hal ini dalam menghafal dapat dilakukan dengan mengingat-ingat apa yang telah diberikan diberbagai pelajaran yang diberikan. Dengan berkonsentrasi dan fokus maka akan membuat daya pikir otak juga lebih baik.
  3. Melakukan berbagai gerakan kecil saat menghafal. Hal ini dapat dilakukan untuk menghindari kebosanan saat menghafal. Berbagai gerakan kecil seperti melakukan lompatan rendah atau sekedar sambil jalan bolak-balik akan membuat menghafal lebih baik lagi. Selain itu jika anda bisa dapat juga dilakukan dengan melakukan senam otak.
  4. Membaca berbagai bagian hafalan yang menarik. Saat membaca apa yang dihafalkan maka dapat juga dengan membaca berbagai bagian dalam hafalan yang menurut kamu paling menarik. Dengan hal tersebut anda bisa merenungkan apa saja yang telah dibaca dengan senantiasa berulang-ulang dalam membacanya.

Berbagai cara mudah menghafal yang dilakukan sebaiknya bisa berasal dalam diri anak sendiri karena itu akan lebih mempermudah saat menghafal dilakukan. Selain itu dorongan orang tua tetap diperlukan sebagai penyemangat bagi anak-anaknya.