Windi Ariska

Windi Ariska mahasiswi yang rajin menulis

Beri Makanan Kepada Anak Sesuai Keinginannya

f:id:windiariska:20160919122112j:plain

Anak yang baru lahir atau bayi merupakan bibit dari ayah dan ibunya, sehingga dalam perawatannya harus dengan maksimal dilakukan. Upaya yang harus dilakukan oleh orang tua agar anak bisa tumbuh cepat dan berkembang dengan baik adalah dengan memberikan makanan sesuai dengan keperluan, karena setiap orang dalam tingkatan usianya memerlukan  nutrisi atau makanan berbeda - beda mungkin untuk bayi atau anak kecil di beri nasi tidak cocok karena di peruntukan bagi orang tua atau orang dewasa tetapi yang paling cocok adalah memberikan susu yang paling baik untuk perkembangan anak.

Pada saat ini memang sudah banyak susu yang bisa diberikan untuk anak tetapi terkadang kendala yang melanda orang tua dalam memberikan makanan atau susu kepada anak adalah keadaan anak susah makan di mana ketika orang tua memberikan makanan atau susu tidak mau malah membuat orang tuanya merasa jengkel akhirnya makanan pun tidak dimakan oleh anak dan kemudian mudah terserang penyakit dan ketahanan tubuhnya sangat jelek, oleh karena itu memang sebagai orang tua harus mengerti terhadap keadaan anak secara emosional.

Sudah lumrah anak susah makan karena berbagai faktor yang melatarbelakanginya di antaranya selera makan anak yang kurang yang diakibatkan dari banyaknya mengkonsumsi makanan makanan manis atau yang lainnya sehingga membuat serelanya menurut, selain itu terkadang ada makanan yang memang tidak disukai anak dan kemudian di hari berikutnya diberikan lagi kepada anak tentu ini akan membuat anak tidak mau.

Ada juga karena faktor tumbuhnya gigi baru pada anak usia  di bawah 3 tahun akan mengganggu selera makan karena merasa ada gatalnya di gusi sehingga bila memasukkan makanan terasa tidak enak dan mengganggunya pada akhirnya orang tua tetap harus menyikapi hal - hal yang membuat anak susah makan. Intinya orang tua harus melihat apa penyebab dari tidak mau nya anak memakan apa yang kita berikan setelah itu maka simpulkan cara yang paling tepat untuk mengatasi hal ini. Apabila anak selera makannya kurang tentu harus dirubah menu makanannya tetapi tetap dalam kadar nutrisi dan makanan yang dianjurkan dokter harus terpenuhi dan apabila selera makan anak jelek diakibatkan karena tumbuhnya gigi maka berilah makanan yang lembut sehingga akhirnya anak bisa mengkonsumsi makanan.