Windi Ariska

Windi Ariska mahasiswi yang rajin menulis

5 Langkah Sederhana Menyusun Menu Masakan Harian

f:id:windiariska:20160916013245p:plain

Hanya dengan membiarkan untuk menyajikan makanan apa saja yang sesuai keinginan masing-masing dan tidak mengindahkan kandungan gizi tertentu, bukanlah keputusan yang bijaksana. Memang benar tugas dari seorang ibu rumah tangga itu tidak mudah. Salah satunya adalah dalam menentukan jenis hidangan yang akan disajikan untuk keluarga.

Dan beban ibu akan semakin berat apabila memiliki anak dengan tipe pemilih. Menulis rencana sederhana menu masakan harian mungkin dapat membantu. Tapi sebaiknya anda mencobanya. Siapa tahu menyusun daftar menu masakan adalah solusi yang tepat untuk anda.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk memastikan agar kebutuhan gizi keluarga anda terpenuhi :

1. Menulis daftar menu masakan setiap seminggu sekali bersama keluarga

Saat weekend dan semua angota keluarga sedang berkumpul, diskusikan daftar perencanaan menu yang mereka inginkan dan jadikan sebagai pertimbangan. Ingat, ini adalah diskusi. Jadi anda tidak harus memasukkan semua masakan yang mereka inginkan ke dalam daftar menu anda.

2. Menyediakan makanan berprotein tinggi

Bila salah satu amggota keluarga tidak menyukai atau alergi terhadap daging, anda bisa menyediakannya dengan tempe, tehu, buncis, telur dan kacang-kacangan.

3. Mengganti nasi dengan gandum untuk selingan

Gandum mengandung serat yang bagus untuk sistem pencernaan tubuh. Mengganti nasi dengan makanan berbahan dasar gandum seperti pasta, nasi merah dan roti gandum. Lakukan setiap setidaknya 1 atau 2 kali dalam seminggu.

4. Menu wajib utama : buah dan sayur

Buah dan sayur itu bisa diolah dengan berbagai macam cara untuk variasi agar keluarga tidak bosan. Pengolahan sayur bisa dengan cara ditumis, direbus atau dibuat sup. Untuk pengolahan buah sendiri bisa dengan dibuat rujak, es buah, agar-agar buah, jus dan puding buah.

5. Penyempurnaan : susu

Sebaiknya memilih susu yang bebas lemak dan tinggi kalsium. Misalkan ada anggota keluarga yang alergi terhadap susu sapi, anda bisa menggantinya dengan susu kedelai. Hindari mengkonsumsi soda atau alkohol sebisa mungkin.

Makanan yang sehat adalah memenuhi unsur kebutuhan gizi dan energi bagi tubuh. Untuk menjaga kebugaran tubuh setelah beraktivitas seharian, dibutuhkan berbagai jenis makanan sehat agar tubuh tetap fit dan sehat. Untuk anda para wanita yang baru belajar memasak, tidak perlu bingung dalam memenuhi gizi keluarga. Kini NICI menghadirkan berbagai macam bumbu instan dalam berbagai jenis varian menu masakan harian untuk membantu anda. Dengan jenis varian yang banyak anda tidak perlu lagi merasa kebingungan dalam memastikan kebutuhan gizi yang seimbang untuk keluarga tercinta.