Windi Ariska

Windi Ariska mahasiswi yang rajin menulis

Kenali Penyebab Ketombe Yang Berasal Dari Kebiasaan Sehari-Hari

f:id:windiariska:20160816114343j:plain

Ketombe merupakan salah satu masalah di kulit kepala yang banyak dialami hampir semua orang di seluruh penjuru dunia. Hadirnya ketombe ditandai dengan adanya serpihan putih di rambut atau bahu anda. Hal ini tentu akan sangat mengurangi rasa percaya diri anda dan membuat anda merasa tidak nyaman karena rasa gatal yang ditimbulkannya.

Penyebab ketombe dimulai dari adanya minyak di kulit kepala yang dinamakan sebum dan organisme yang sangat kecil dan hidup di kulit kepala setiap orang yang bernama Malassezia Globosa. Untuk kulit kepala yang sensitif terhadap organisme ini, maka akan menyebabkan munculnya ketombe. Selain faktor mikroorganisme, berikut ini hal lain yang bisa menyebabkan timbulnya ketombe di kulit kepala anda.

1. Makanan

Faktor makanan menjadi salah satu penyebab ketombe yang sangat mengganggu. Munculnya ketombe bisa disebabkan anda kurang mengkonsumsi makanan mengandung zat besi dan vitamin B atau suplemen yang dapat membuat kesehatan kulit kepala tetap terjaga, dan untuk mencegah datangnya ketombe.

2. Stres
Stres merupakan penyebab ketombe yang tidak diketahui banyak orang. Jika seseorang terlalu stres, maka bukan hanya kondisi kesehatan yang terancam, namun juga kecantikan rambut, karena bisa menyebabkan munculnya ketombe.

3. Waktu keramas
Waktu anda membersihkan rambut dengan keramas sangat menentukan kesehatan kulit kepala, waktu ideal untuk keramas adalah seminggu dua kali atau tiga hari sekali dengan Clear Shampo yang ampuh mengusir ketombe dari kulit kepala anda.

4. Faktor cuaca
Faktor cuaca yang terlalu panas bisa membuat kulit kepala menjadi berminyak dan menimbulkan ketombe. Saat hal ini terjadi, maka anda harus segera mendinginkan bagian tubuh dan kepala agar ketombe tidak datang.

5. Sisa busa shampo
Membersihkan rambut dengan terburu-buru membuat anda tidak membersihkan rambut dari sisa shampo dengan sempurna. Salah satu hal yang menyebabkan timbulnya ketombe adalah karena adanya sisa busa shampo di kulit kepala anda. untuk menghindarinya, maka setiap kali keramas anda harus membersihkan kulit kepala dari shampo di dengan air mengalir sehingga sisa shampo bersih tak tersisa.

Itulah penyebab hadirnya ketombe yang menyebabkan gatal, semoga bermanfaat.