Windi Ariska

Windi Ariska mahasiswi yang rajin menulis

Tips Mengatasi Anak Yang Mengalami Susah Buang Air Besar

f:id:windiariska:20160809125437j:plain

Mempunyai anak yang sehat tentu menjadi idaman bagi setiap orang tua karena dengan memiliki anak yang sehat maka kebahagiaan dari orang tua pun akan menjadi semakin lengkap. Keceriaan anak akan menjadi sesuatu yang sangat berharga bagi orang tua akan tetapi yang namanya anak-anak selalu saja banyak menghadapi berbagai masalah kesehatan, salah satu yang sering dialami oleh seorang anak yaitu susah BAB (buang air besar).

Masalah kesehatan seperti susah bab yang dialami oleh anak-anak biasanya sering terjadi pada usia mulai dari 3 tahun ke atas, akan tetapi yang di bawah itupun juga sering ada. yang harus menjadi perhatian orang tua jika mendapati anaknya yang mengalami susah BAB yaitu dengan mengenali berbagai penyebabnya, setelah itu baru melakukan berbagai cara dalam mengatasinya. Sebab berbeda bagi seorang anak yang mengalami susah bab maka dalam penanganannya pun pasti berbeda. Dan berikut ini diantara tips yang dapat anda lakukan untuk mengatasi anak yang mengalami susah BAB.

  1. Memberikan makanan yang banyak mengandung serat. Makanan berserat sangat bermanfaat dalam membuat anak yang mengalami kesulitan BAB menjadi lebih lancar. Untuk anak-anak anda dapat memberikan makanan berupa buah-buahan, sayuran atau pun berupa sereal yang sangat penting untuk pencernaan anak.
  2. Memberikan asupan air putih yang cukup. Kurangnya minum pada anak dapat juga menyebabkan seorang anak mengalami susah BAB oleh sebab itu memberikan asupan minum yang sesuai dengan kondisi anak sangat penting untuk diperhatikan. Memberikan air yang cukup juga dapat menghindarkan anak dari dehidrasi.
  3. Melakukan lebih banyak olahraga. Walaupun masih usia anak-anak melakukan olahraga untuk anak juga sangat penting untuk dilakukan. Olahraga yang dilakukan dapat berupa olahraga ringan seperti jalan santai atau sejenisnya yang tidak terlalu berat.
  4. Posisi saat buang air besar. Kadang kala kesulitan BAB juga dapat disebabkan oleh posisi saat buang air besar. Misalnya jika menggunakan di kloset yang duduk mala posisika  kaki pada bangku yang rendah supaya lutut berada di atas pinggang.

Untuk tetap menjaga kondisi anak supaya terjaga akan nutrinya maka anda dapat memberikan anak anda berupa minuman susu Dancow yang sudah teruji dalam mempunyai berbagai nutrisi yang diperlukan anak.