Windi Ariska

Windi Ariska mahasiswi yang rajin menulis

Mengetahui Berat Badan Ideal Pada Anak

Berat badan merupakan salah satu faktor penting untuk mengetahui perkembangan sang buah hati, dengan melihat berat badannya ibu akan mengetahui apakah sang anak mendapatkan nustrisi yang cukup, kurang atau malah berlebihan.

f:id:windiariska:20160805160523j:plain

Seiring bertambahnya usia anak, ia akan mengalami pertumbuhan termasuk tinggi dan juga berat badannya. Agar anak mengalami pertumbuhan yang normal, ibu harus memberikan nutrisi yang cukup bagi anak sehingga pertumbuhan tinggi dan juga berat badannya sesuai dengan usianya.

Namun apakah ibu mengetahui berapakah berat badan ideal anak sesuai usianya? bagi ibu yang masih bingung, berikut ini kami mempunyai beberapa informasi mengenai berat badan ideal pada anak agar ibu bisa mengetahui apakah tinggi dan juga berat badan anak termasuk ideal atau tidak.

1.  Usia 2 sampai 8 tahun

Berat badan ideal anak usia 2  sampai 8 tahun pada anak perempuan dan laki-laki relatrif hampir sama, pada usia 2 tahun tinggi badan anak rata-rata sekitar 86 cm dan beratnya 12 kg. Pada saat memasuki 4 tahun, tinggi badannya akan naik menjadi 102 cm dan beratnya 15kg. Pada usia 6 tahun, anak akan tumbuh dan memiliki tinggi 114 cm dan beratnya akan mencapai 21 kg. Dan saat memasuki usia 8 tahun, tinggi badannya akan menjadi 127 cm dan berat badannya akan naik menjadi 26 kg.

2.  Usia 10 sampai 14 tahun.

Berat badan ideal anak perempuan dan laki-laki pada saat memasuki usia 10 tahun akan mengalami perbedaan. Pada anak perempuan usia 10 tahun tinggi badannya akan mencapai 137 cm dan berat badannya akan berubah menjadi 33 kg. Pada usia 12 tahun, ia akan tumbuh setinggi 150 cm dan berat badannya menjadi 42 kg.

Dan pada saat anak memasuki  usia 14 tahun, rata-rata tinggi badannya adalah 160 cm dan berat badannya menjadi 49 kg. Berbedan dengan anak perempuan, anak laki-laki akan mengalami pertumbuhan tinggi badan yang lebih tinggi dibanding anak perempuan namun berat badannya lebih rendah.

Pada usia 10 tahun, tinggi badannya akan mencapai 140 cm dan berat badannya 32 kg. Pada usia 12 tahun, tinggi badannya akan naik menjadi 147 cm dan berat badannya 41 kg. Dan pada usia 14 tahun, tinggi badannya rata-rata akan mencapai 163 cm dan berat badannya 51 kg.

Itulah informasi mengenai berat badan ideal pada anak sesuai dengan usiannya, dengan informasi ini ibu bisa mengetahui apakah sang anak tumbuh dengan optimal atau tidak. Semoga bermanfaat!