Windi Ariska

Windi Ariska mahasiswi yang rajin menulis

Mengetahui Tentang Biaya Klaim Asuransi Mobil

Asuransi mobil untuk jaman sekarang ini menjadi hal yang paling banyak dicari oleh mereka yang ingin melindungi aset kendaraannya. Ini karena dengan asuransi menjadikan kendaraan kita terlindungi dari segi pembiayaan ketika terjadinya kecelakaan ataupun kasus pencurian. Namun sebelum kita mengasuransikan kendaraan kepada pihak asuransi, sebaiknya kita terlebih dahulu mengetahui mengenai hal-hal yang berhubungan dengan biaya klaim asuransi mobil, ini karena biaya klaim merupakan hal yang penting dalam asuramsi.

f:id:windiariska:20160127130222j:plain

Mengetahui tentang biaya klaim asuransi merupakan hal yang sangat penting dalam asuransi, seperti mengetahui bagaimana proses dalam klaim juga seberapa cepat klaim yang diajukan akan dilayani. Ini karena ketidaktahuan kita akan klaim dapat menjadi salah satu penyebab dari keengganan untuk berasuransi. Biaya klaim dalam asuransi sendiri akan berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan suransi yang lainnya, bahkan dapat juga bergantung dari bagaimana harga preminya. Namun secara umum untuk mengetahui tentang biaya klaim asuransi mobil dapat dilihat dari hal-hal berikut;

  1. Untuk biaya klaim asuransi biasanya berkisar 200 ribuan, namun juga tergantung kepada pihak perusahaan dari asuransi sendiri. Ini karena setiap perusahaan asuransi rata-rata mempunyai harga tersendiri dalam penentuan biaya klaimnya.
  2. Saat terjadi musibah kecelakaan atau pencurian terhadap kendaraan anda, maka cepatlah untuk melaporkannya kepada perusahaan asuransi maksimal 3x24 jam setelah kecelakaan terjadi. Dan jika kecelakaannya terjadi di luar kota, maka tertanggung dapat melaporkannya kepada kantor perwakilan atau kantor cabang perusahaan terdekat. Hal ini supaya dalam pengklaiman biaya asuransi dapat dilakukan secara cepat.

Setelah itu anda dapat mengajukan akan biaya klaimnya anda harus mengajukan tentang persyaratan dari klaim asuransi sendiri yang biasanya untuk persyaratan klaim asuransi diantaranya sebagai berikut:

  1. Saat mobil anda mengalami kecelakaan siapkan data mengenai kronologi kejadian kecelakaan yang dialami secara singkat dan jelas.
  2. Butlah laporan mengenai kehilangan kendaraan di kantor polisi jika kendaraan anda hilang. Tambahkan juga dengan dokumen yang lainnya seperti data polis, STNK, identitas pengemudi lain saat terlibat kecelakaan, serta syarat lainnya saat mengajukan klaim.
  3. Survey tentang klaim dapat dilakukan dengan memperlihatkan kondisi mobil anda di kantor cabang, atau bengkel rekanan. Pastikan juga bahwa pihak asuransi mengeluarkan surat perintah kerja (SPK) untuk melakukan perbaikan di bengkel.
  4. Untuk memudahkan perbaikan lakukanlah perbaikan dibengkel rekanan agar lebih mudah dalam segala administrasinya. Namun jika tidak ada bengkel rekanan maka dapat dimasukan kepada bengkel yang dipilih perusahaan asuransi.
  5. Berikan kesempatan kepada perusahaan asuransi untuk melalukan dan memerksa atas kendaraan kita yang ruksak atau hilang sebelum melakukan perbaikan.
  6. Sebagai nasabah anda jangan sungkan untuk terus memantau atau meminta informasi tentang perkembangan proses perbaikan mobil anda.